Rute Busway Transjakarta | Peta | Jalur

Rute Busway | Rute Transjakarta | Peta Transjakarta. Berikut ini info seputar jalur busway transjakarta beserta peta busway.


Rute Busway Transjakarta | Jalur | Peta Busway Transjakarta


Bagi penduduk perkotaan terutama di kota besar, salah satu masalah yang paling utama adalah transportasi. Hal ini tidaklah aneh mengingat setiap kota besar terutama ibukota propinsi maupun ibukota negara sebagian besar juga menjadi pusat perekonomian. Dan hampir di setiap sudut kota penuh dengan berbagai jenis tempat usaha maupun perkantoran.

Tentu saja hal ini membuat kota-kota besar di negara manapun dipenuhi dengan manusia yang bekerja di perkantoran-perkantoran tersebut. Ini yang sering kali membuat ibukota sesak dengan pergerakan manusia, tidak terkecuali di Ibukota Jakarta. Dan untuk menuju semua tempat usaha maupun perkantoran tersebut tidak jarang para pekerja berebut mencari alat transportasi massa yang paling nyaman dan cepat. --Rute Busway | Rute Transjakarta


Rute Busway Transjakarta - Sejarah Busway


Dan salah satu sistem transportasi massa yang sekarang ini sedang giat-giatnya digalakkan oleh pemerintah ibukota yaitu Bus Rapid Transit (BRT). Di ibukota Jakarta, sistem transportasi ini lebih banyak disebut dengan nama Busway. Dan khusus untuk ibukota Jakarta, busway ini dikelola oleh sebuah lembaga yang bernama Transjakarta.

Tanggal 15 Januari tahun 2004 merupakan tonggak sejarah awal beroperasinya sistem transportasi massa ini. Sistem ini mengandalkan alat transportasi berupa bus, dan menjadi yang pertama di Indonesia. Sistem transportasi massa ini diharapkan dapat mengatasi kebutuhan akan transportasi massa yang tingkat kebutuhannya sangat tinggi terutama di Jakarta. --Rute Busway | Rute Transjakarta


Rute Busway Transjakarta - Sistem Transportasi Busway


Busway Transjakarta dirancang sedemikian rupa dengan harapan bisa memudahkan para penggunanya. Selain untuk lebih mempermudah, pengelola juga berharap agar masyarakat bisa mendapatkan alat transportasi yang cepat, aman, praktis, dan murah.

Oleh sebab itu segala infrastruktur pendukungpun dibangun misalnya rute yang banyak,  jalur busway khusus, halte, sumber daya manusia, dan lai sebagainya. Armada busway transjakarta pun disiapkan dengan jumlah yang cukup banyak. Bus yang digunakan ukurannya cukup besar dan lapang, dilengkapi dengan pendingin ruangan beserta pengemudi dan kondektur yang handal. --Rute Busway | Rute Transjakarta


Rute Busway Transjakarta - Jalur Koridor Busway Transjakarta


Untuk dapat menikmati busway transjakarta ini terlebih dahulu para calon penumpang khususnya yang belum pernah menggunakan transportasi ini diharapkan sudah mengetahui tempat atau halte yang akan dituju. Lokasi halte-halte tersebut bisa dilihat pada peta busway yang biasanya tertempel di semua halte. Hal ini berguna untuk mencegah calon penumpang agar tidak salah menaiki jalur transjakarta. Secara umum jalur busway ini dibagi menjadi beberapa koridor rute busway.

Berikut ini beberapa koridor jalur rute transjakarta yang bisa dijadikan acuan saat bepergian menggunakan busway transjakarta:

Rute Busway Transjakarta - Koridor Jalur Busway Transjakarta
Rute Busway Transjakarta - Koridor Jalur Busway Transjakarta


Rute Busway Transjakarta - Tiket Busway Transjakarta


Untuk bisa menggunakan moda transportasi massa ini para calon penumpang bisa membeli tiket transjakarta di halte-halte busway transjakarta yang akan dinaiki. Untuk tiket busway yang dijual ada 2 macamnya yaitu:

     1. Tiket Kertas (Tiket Sobek).

Rute Busway Transjakarta - Gambar Bus TransjakartaTiket Kertas yaitu tiket transjakarta yang berlaku untuk satu kali jalan saja. Tiket jenis ini bisa dibeli di setiap halte sebelum menaiki bus transjakarta. Tiket ini nantinya akan disobek oleh petugas yang berjaga di dalam halte.

Tiket kertas tentu saja harganya lebih murah karena penggunaannya yang sekali jalan saja. Dan tiket jenis ini sangat cocok bagi anda yang tidak terlalu sering bepergian menggunakan bus transjakarta. --Rute Busway | Rute Transjakarta


     2. Tiket Elektronik (Smart Card).

Tiket busway elektronik ini bisa berlaku untuk jangka waktu tertentu dan bisa digunakan berkali-kali. Tiket elektronik bisa dibeli di beberapa bank yang telah bekerjasama dengan transjakarta.

Keunggulan smart card ini adalah penggunaannya yang jauh lebih praktis karena calon penumpang pemegang smart card tidak perlu mengantri panjang. Kemudian juga tidak perlu setiap saat mengeluarkan uang cash. Dan satu lagi fungsi smart card ini juga bisa digunakan untuk beberapa pembayaran lainnya tergantung aturan masing-masing bank yang mengeluarkan. --Rute Busway | Rute Transjakarta



Rute Busway Transjakarta - Peta Jalur Busway Transjakarta


Untuk lebih memudahkan para calon penumpang atau anda yang sedang kebetulan berkunjung ke Jakarta dan ingin menggunakan transportasi ini bisa melihat peta busway yang biasanya ditempel di setiap halte. Berikut di bawah ini adalah peta transjakarta lengkap yang bisa dijadikan acuan:

Rute Busway Transjakarta | Jalur | Peta | Busway | Transjakarta
Peta Busway Transjakarta - image: www.transjakarta.co.id


Itulah sedikit info rute busway beserta peta transjakarta, semoga informasi mengenai rute transjakarta di atas bermanfaat bagi anda.

sumber: transjakarta.co.id


Incoming search terms:

bus transjakarta, peta transjakarta, jalur transjakarta, transjakarta map, rute busway transjakarta, jalur busway, peta busway, koridor busway, rute busway, rute transjakarta

No comments: